Analyzing Reading-Related Activities In English Textbook For Grade 8 In Smp Cipta Dharma Denpasar And How The Texts Are Exploited In The Classroom

Dewi, Luh Dina Karisma (2022) Analyzing Reading-Related Activities In English Textbook For Grade 8 In Smp Cipta Dharma Denpasar And How The Texts Are Exploited In The Classroom. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021064-COVER.pdf

Download (852kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021064-ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021064-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan terkait membaca yang terdapat pada Buku Bahasa Inggris yang digunakan untuk kelas 8 di SMP Cipta Dharma Denpasar dan mengobservasi bagaimana teks dimanfaatkan oleh guru didalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Cipta Dharma Denpasar. Data dikumpulkan dari buku teks Bahasa Inggris yang digunakan oleh siswa kelas 8 dan kegiatan membaca yang dilaksanakan oleh guru Bahasa Inggris. Peran guru sangat penting dalam memfasilitasi siswa untuk dalam aktivitas membaca Bahasa Inggris. Selain itu, pemilihan buku teks Bahasa Inggris sebaga sumber penunjang kegiatan membaca juga penting. Oleh karena itu, sangatlah penting menganilisis kegiatan membaca yang muncul pada buku teks dan mengobservasi bagaimana guru memanfaatkan teks bacaan dalam kelas. Penelitian deskriptif kualitatif ini merupakan upaya untuk mendeskripsikan kegiatan terkait membaca pada buku teks Bahasa Inggris yang digunakan di SMP Cipta Dharma Denpasar dan bagaimana guru memanfaatkan teks pada buku. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan analisis pada buku serta kegiatan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis menunjukan beberapa kegiatan terkait membaca yang terdapat dalam buku yaitu skimming/scanning, reference activity, lexical item activity, activating, inferring, dan questioning. Semua kegiatan tersebut menyediakan siswa dengan kegiatan membaca terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan tugas membaca yang sesungguhnya. Selain itu, pemanfaatan teks yang paling sering dilakukan oleh guru adalah kegiatan jawaban singkat (short-answer), kegiatan searching-selecting, completing, dan matching. Penelitian ini terbatas dalam waktu, jumlah subjek, dan sumber data sehingga penelitian lebih lanjut disarankan untuk temuan yang lebih dapat digeneralisasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan terkait membaca, Exploitasi Teks, Buku Teks Bahasa Inggris
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Luh Dina Karisma Dewi
Date Deposited: 21 Jul 2022 00:43
Last Modified: 21 Jul 2022 00:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11945

Actions (login required)

View Item View Item