Ratna Anika, Luh Diah (2022) PENGEMBANGAN PAKET BELAJAR MOZAIK DAN KOLASE BERSAMA (MOKOBER) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SD NEGERI 2 SEPANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031253-COVER.pdf Download (534kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031253-ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031253-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031253-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031253-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031253-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031253-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031253-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031253-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
PAKET BELAJAR MOKOBER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SD NEGERI 2 SEPANG Oleh Luh Diah Ratna Anika, NIM. 1811031253 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ABSTRAK Penelitian ini bertujuan; (1) untuk menghasilkan prototype paket belajar MOKOBER untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas III SD, (2) ntuk menghasilkan paket belajar MOKOBER yang telah teruji secara validitas isi, (3) untuk menghasilkan paket belajar MOKOBER yang telah mendapatkan respon guru, (4) ntuk menghasilkan paket belajar MOKOBER yang telah mendapatkan respon siswa, (5) untuk menganalisis efektivitas Paket Belajar Mozaik dan Kolase Bersama (MOKOBER) untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan model penembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analyze), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Metode dan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ii yaitu, Pedoman Observasi, Pedoman wawancara, Angket/Kuesioner, rating scale dan Studi Dokumen. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah paket belajar MOKOBER, sedangkan objek dalam penelitian pengembangan ini adalah validitas dan keefektifan paket belajar MOKOBER. Subjek uj coba dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Sepang, sedangkan objek uji coba dalam penelitian pengembagan ini adalah kreativitas siswa. Uji Instrumen menggunakan rumus Gregory. Uji Validasi isi produk menggunakan rumus Validitas Aiken. Analisis respon guru menggunakan rumus rata-rata atau mean. Analisis respon siswa menggunakan rumus rata-rata atau mean. Analisis efektivitas paket belaja menggunakan uji t berbantuan SPSS IBM 2021. Paket belajar mokober memperoleh tingkat Validitas Sangat valid yang dibuktikan dan memperoleh hasil validasi isi sebesar 1,00, respon guru terhadap paket belajar mokober sebesar 4 dengan kualifikasi sangat baik, respon siswa terhadap paket belajar mokober sebesar 4 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas paket belajarmokober menunjukkan hasil 0,001 < 0,005. Dengan demikian produk memiliki efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas III SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | paket belajar, MOKOBER, kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Diah Ratna Anika |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 08:38 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 08:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11953 |
Actions (login required)
View Item |