PREFERENCES, IMPLEMENTATION, AND PROBLEMS IN THE USE OF ONLINE TEACHING PLATFORMS IN EFL CLASSES IN SMA N 1 SERIRIT

Perdana, Dyah Pitaloka Siwi (2022) PREFERENCES, IMPLEMENTATION, AND PROBLEMS IN THE USE OF ONLINE TEACHING PLATFORMS IN EFL CLASSES IN SMA N 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021233-COVER.pdf

Download (253kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021233-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021233-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021233-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021233-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021233-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021233-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021233-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021233-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi, implementasi, dan permasalahan dalam penggunaan platform pengajaran online pada kelas EFL di SMAN 1 seririt. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, preferensi, implementasi, dan masalah dalam penggunaan platform pengajaran online di kelas EFl di SMAN 1 Seririt secara deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dari tiga guru bahasa Inggris. Instrumen penelitian menggunakan 3 lembar observasi dan 1 lembar pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, guru di SMAN 1 Seririt memanfaatkan tiga macam preferensi dalam melakukan pembelajaran online, yaitu preferensi video, LMS, dan juga aplikasi MIM. Salah satu video pilihan yang digunakan guru adalah Google Meeting. Kedua, guru di SMAN 1 Seririt mengimplementasikan platform online dalam tiga mode berbeda, yaitu mode sinkron, mode asinkron, dan mode hybrid. Mode tersebut disinkronkan dengan pelaksanaan diskusi grup Google Meet dan WhatsApp, yang dilakukan tepat di awal pertemuan. Jadi, tidak ada tambahan waktu yang diberikan kepada siswa untuk mendapatkan materi, menyerahkan tugas, atau menjawab tes. Ketiga, berdasarkan hasil wawancara dengan guru di SMAN 1 Seririt, peneliti menemukan bahwa masalah utama yang dialami guru selama pembelajaran online adalah siswa jarang menghadiri rapat dan menyerahkan tugas. Itu karena beberapa siswa tinggal di daerah langka yang koneksi internetnya sangat buruk. Terkadang, guru juga mendapat masalah ketika platform tiba-tiba mogok atau berhenti, di mana guru sebenarnya masih tidak dapat mengoperasikan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Preferensi, Implementasi, Permasalahan dalam menggunakan online platforms
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Dyah Pitaloka Siwi Perdana
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:22
Last Modified: 21 Jul 2022 01:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11990

Actions (login required)

View Item View Item