PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS BERORIENTASI MASALAH KONTROVERSIAL DENGAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII SMP NEGERI 2 TEMBUKU

Sanjaya, I Putu Ari (2022) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS BERORIENTASI MASALAH KONTROVERSIAL DENGAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII SMP NEGERI 2 TEMBUKU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011058-COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011058-ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011058-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011058-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011058-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurang tepatnya metode yang digunakan selama pembelajaran, mengakibatkan hasil belajar matematika siswa berada dalam kategori rendah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Tembuku yang diajarkan dengan Metode Pemberian Tugas Berorientasi Masalah Kontroversial dengan Resitasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tembuku yang berjumlah 166 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas menggunakan teknik cluster random sampling. Terpilih dua kelas yakni kelas eksperimen yaitu kelas VIII D sebanyak 27 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VIII E sebanyak 27 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi exsperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meggunakan tes uraian. Diperoleh bahwa rata-rata skor kelas eksperimen adalah 86,00 dan rata-rata skor pada kelas kontrol adalah 79,56. Rata-rata skor posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata skor posttest kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Independent Sampel t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil pengujian menunjukkan yaitu 2,193 > 2,004. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pemberian tugas berorientasi masalah kontroversial dengan resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Kelas VIII SMP Negeri 2 Tembuku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, pemberian tugas, masalah kontroversial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Putu Ari Sanjaya
Date Deposited: 21 Jul 2022 05:58
Last Modified: 21 Jul 2022 05:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11998

Actions (login required)

View Item View Item