Pradnyani, Ni Kadek Yuni (2020) VARIASI KEBISINGAN MENGAKIBATKAN PERBEDAAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041002-COVER.pdf Download (362kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041002-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041002-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041002-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
VARIASI KEBISINGAN MENGAKIBATKAN PERBEDAAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA Oleh Ni Kadek Yuni Pradnyani, NIM 1613041002 Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan Fakultas MIPA, Universitas Pendidikan Ganesha ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui variasi kebisingan mengakibatkan perbedaan konsentrasi belajar peserta didik sekolah menengah atas dan tingkat kebisingan yang paling berkontribusi terhadap konsentrasi belajar peserta didik sekolah menengah atas. Melalui penelitian ekperimental lapangan dengan rancangan nonequivalent randomized pre and post test group design dinilai konsentrasi peserta didik dengan kuesioner konsentrasi belajar yang sudah valid dan reliabel. Pendataan dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran terhadap 90 sampel yang dipilih secara purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Kruskall-Wallis dan uji lanjut dengan uji Mann-Whitney pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 4,47 % pada intensitas kebisingan rendah, 5,40 % pada intensitas kebisingan sedang, 9,04% pada intensitas kebisingan tinggi dan tingkat kebisingan yang paling berkontribusi terhadap konsentrasi belajar adalah pada intensitas kebisingan tinggi (>64 dB (A) yang mengakibatkan perbedaan konsentrasi sebesar 9,04%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi kebisingan dapat mengakibatkan perbedaan konsentrasi belajar peserta didik. Kata kunci: variasi kebisingan lalu lintas dan konsentrasi belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | variasi kebisingan lalu lintas dan konsentrasi belajar |
Subjects: | L Education > LT Textbooks Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Yuni Pradnyani |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 05:34 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 05:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1201 |
Actions (login required)
View Item |