Pradnyani, Ida Ayu Indah (2022) Analisis Kesalahan SIswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menurut Tahapan Kastolan Berdasarkan Kecemasan Matematika. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011084-COVER.pdf Download (386kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011084-ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (267kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011084-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011084-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011084-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menjawab soal cerita pada materi SPLDV menurut tahapan kastolan berdasarkan tingkat kecemasan matematikanya, mencari penyebab kesalahan serta solusi yang mungkin diberikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Mengwi dengan subjek penelitian yakni siswa kelas IX. Instrumen yang digunakan yakni hasil tes, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan jika (1) siswa dengan tingkat kecemasan ringan melakukan kesalahan prosedural, (2) siswa dengan tingkat kecemasan sedang melakukan kesalahan prosedural, konseptual dan teknikal, serta (3) siswa dengan tingkat kecemasan berat melakukan kesalahan prosedural, konseptual dan teknikal. Penyebab kesalahan yang dilakukan, yakni (1) faktor kognitif pada indikator takut gagal, (2) faktor kognitif pada indikator kepercayaan diri, dan (3) faktor afektif pada indikator gugup. Solusi yang dapat diberikan adalah (1) memberikan penilaian secara objektif, dan (2) sering berlatih soal sejenis. Kata-kata kunci: Analisis Kesalahan Kastolan, Soal Cerita SPLDV, Kecemasan Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan Kastolan, Soal Cerita SPLDV, Kecemasan Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | IDA AYU INDAH PRADNYANI |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:33 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 07:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12043 |
Actions (login required)
View Item |