Putra, Gede Andy Cahyadi Suanaya (2022) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Crocodile Physics terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813021024-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813021024-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813021024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813021024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813021024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813021024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813021024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813021024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813021024-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini ialah salah satu keterampilan yang harus dimiliki dalam revolusi industri 4.0 yaitu keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan antara siswa yang belajar menggunakan model Project Based Learning berbantuan aplikasi Crocodile Physics dan siswa yang belajar menggunakan model Direct Instruction. Penelitian ini adalah eksperimen semu yang menggunakan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 382 siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7 Denpasar Tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian yang digunakan adalah 2 kelas (96 siswa) yang dipilih menggunakan random selection technique berbasis kelompok dari kelas-kelas yang sudah ada, sehingga terpilih kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Tes keterampilan berpikir kreatif yang terdiri dari 14 soal esai digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan berpikir kreatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif secara signifikan antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan aplikasi Crocodile Physics dengan model pembelajaran Direct Instruction ( F* = 28,884 ; p < 0,05). Diperoleh keterampilan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model Project Based Learning berbantuan aplikasi Crocodile Physics (M= 87,6 ; SD = 4,84, kategori sangat baik) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model Direct Instruction (M= 81,7 ; SD= 5,97, kategori baik). Oleh karena itu, implikasi untuk mencapai berpikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran fisika di SMA, sebaiknya difasilitasi dengan menerapkan model Project Based Learning berbantuan aplikasi Crocodile Physics.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | project based learning, direct instruction, crocodile physics, keterampilan berpikir kreatif, pembelajaran fisika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Gede Andy Cahyadi Suanaya Putra |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:35 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12050 |
Actions (login required)
View Item |