ENGLISH TEACHERS PERCEPTION ABOUT SYNCHRONOUS AND ASYNCHRONOUS ONLINE LEARNING: COMPARING RURAL AND URBAN HIGH SCHOOLS IN KARANGASEM REGENCY

Cahyani, NMND (2022) ENGLISH TEACHERS PERCEPTION ABOUT SYNCHRONOUS AND ASYNCHRONOUS ONLINE LEARNING: COMPARING RURAL AND URBAN HIGH SCHOOLS IN KARANGASEM REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021232-COVER.pdf

Download (841kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021232-ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021232-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021232-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021232-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021232-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021232-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021232-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021232-LAMPIRAN.pdf

Download (470kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru di sekolah perkotaan dan pedesaan tentang penggunaan Synchronous dan Asynchronous dalam pembelajaran online, serta kelebihan, kekurangan serta kendala yang mereka dapatkan dalam menggunakan kedua metode tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian explanatory sequential mixed-method. Ada dua tahap dalam desain penelitian ini. Tahap pertama menyajikan data dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Kuesioner digunakan untuk memperoleh data persepsi mahasiswa terhadap Synchronous dan Asynchronous online learning. Kemudian, tahap kedua menggunakan pedoman wawancara sebagai tindak lanjut untuk mendapatkan data, hasilnya dapat diinterpretasikan secara mendalam melalui penelitian kualitatif, dan untuk menjawab pertanyaan tentang kelebihan, kekurangan serta kendala dalam menggunakan Synchronous dan Asynchronous online learning. Setting penelitian ini adalah 3 guru di SMA 1 Bebandem sebagai sekolah di area pedesaan dan 3 guru di SMA N 1 Amlapura sebagai sekolah di daerah perkotaan.Mereka menggunakan Synchronous dan Asynchronous untuk pembelajaran bahasa Inggris online sejak Covid-19 mempengaruhi sistem pendidikan hingga saat ini. Data yang dianalisis adalah data dari pedoman wawancara yang digunakan untuk mengetahui kelebihan, kekurangan dan kendala yang didapatkan dalam penggunaan Synchronous dan Asynchronous dalam pembelajaran bahasa Inggris online, dan data angket yang digunakan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan Synchronous dan Asynchronous dalam pembelajaran bahasa Inggris online. Kemudian, data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil angket terkait persepsi guru menunjukkan bahwa penggunaan Synchronous dan Asynchronous dalam pembelajaran bahasa Inggris online menunjukkan respon yang sama dan positif. Sementara data wawancara menunjukkan bahwa selama penerapan Synchronous dan Asynchronous, guru di sekolah pedesaan dan perkotaan memiliki persepsi yang sama mengenai kelebihan yang ditemukan. Namun dalam segi kendala, Guru di sekolah perkotaan dan guru di sekolah pedesaan memberikan persepsi yang berbeda dalam penggunaan Synchronous. Ini di karenakan lingkungan siswa dan sekolah di daerah pedesaan sangat mempengaruhi performa guru dalam mengajar menggunakan Synchronous.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Asinkronus, Sinkronus, Pembelajaran Online Bahasa Inggris.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Made Novi Dwi Cahyani
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:55
Last Modified: 21 Jul 2022 02:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12092

Actions (login required)

View Item View Item