Pengaruh Model Problem Based Flipped Classroom Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Petang

Anggreni, I Gusti Ayu Era (2022) Pengaruh Model Problem Based Flipped Classroom Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Petang. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813021025-COVER.pdf

Download (593kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813021025-ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813021025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813021025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813021025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813021025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813021025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813021025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813021025-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Flipped Classroom learning (PBFCL) dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design dengan populasi penelitian adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Petang yang terdiri atas 5 kelas dengan total populasi sebanyak 165 siswa. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 dengan jumlah siswa sebanyak 67 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random assignment. Data hasil belajar fisika siswa diperoleh melalui pemberian tes berbentuk essay. Nilai reliabilitas tes 0,893. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelompok model PBFCL dan model konvensional masing-masing adalah 87,75 dan 78,95 dengan standar deviasi 3,52 dan 3,80. Simpulan penelitian ini adalah adanya perbedaan hasil belajar fisika siswa antara siswa yang belajar dengan model PBFCL dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar fisika siswa dengan model PBFCL lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model problem based flipped classroom learning, model pembelajaran konvensional, hasil belajar fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Era Anggreni
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:21
Last Modified: 21 Jul 2022 02:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12095

Actions (login required)

View Item View Item