Developing an Animated Teaching Video as a Complementary Media in Teaching Recount Text for Eighth-Grade Junior High School Students

Permatasari, I Gusti Ayu Agung Bintang (2022) Developing an Animated Teaching Video as a Complementary Media in Teaching Recount Text for Eighth-Grade Junior High School Students. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021139-COVER.pdf

Download (784kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021139-ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021139-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021139-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021139-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021139-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021139-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021139-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021139-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pengajaran animasi sebagai media pelengkap untuk mengajar materi recount text siswa kelas delapan di SMP Negeri 2 Denpasar, serta mengetahui kualitas dari video animasi pembelajaran. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 2 Denpasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design dan Pengembangan dengan menggunakan ADDIE model yang dimodifikasi (analisis, desain, pengembangan, serta evaluasi) sebagai prosedur penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil akhir dari penelitian berupa video pembelajaran animasi. Video animasi ini dirancang berdasarkan silabus, dan kebutuhan guru dan siswa. Dari hasil penilaian ahli isi pembelajaran, didapatkan bahwa video animasi memperoleh kualifikasi yang baik dengan perolehan presentase nilai 87,5%. Sedangkan hasil penilaian ahli media pembelajaran, video animasi memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan presentase nilai 95%. Berdasarkan hasil dari penilaian ahli, video animasi mendapatkan kriteria yang sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video animasi ini layak digunakan dalam pembelajaran, khususnya untuk mengajar materi recount text untuk siswa kelas delapan karena video animasi mendapatkan kualifikasi yang sangat baik. Sehubungan dengan hal tersebut, pembelajaran menggunakan media yang kreatif sangat disarankan untuk diterapkan oleh guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, video animasi, recount text
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Agung Bintang Permatasari
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:19
Last Modified: 21 Jul 2022 03:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12106

Actions (login required)

View Item View Item