Pengembangan Trainer Counter Seven Segment Sebagai Media Pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika

Asshobra, Muhammad Sinbad (2020) Pengembangan Trainer Counter Seven Segment Sebagai Media Pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615061020-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615061020-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615061020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615061020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615061020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615061020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615061020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615061020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615061020-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membuat media pembelajaran Trainer Counter Seven Segment, 2) mengetahui kelayakan Trainer Counter Seven Segment pada pembelajaran mengenai materi Rangkaian Counter, 3) dan mengetahui respons peserta didik terhadap Trainer Counter Seven Segment. Penelitian ini, termasuk jenis penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan analisa data persentase kelayakan untuk mengolah data kuesioner uji ahli isi dan uji ahli media, sedangkan untuk uji kelompok kecil dan uji kelompok besar menggunakan analisa data model Standar Skala Lima. Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh: 1) hasil validasi ahli isi diperoleh persentase sebesar 92,00% dengan kualifikasi sangat layak, 2) hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 98,86% dengan kualifikasi sangat layak, 3) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh dari lima responden semua termasuk kategori sangat tinggi, 4) hasil uji coba kelompok besar diperoleh dari dua puluh enam responden semua termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Trainer Counter Seven Segment layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Singaraja. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Trainer Counter Seven Segment, Penerapan Rangkaian Elektronika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Trainer Counter Seven Segment, Penerapan Rangkaian Elektronika.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Muhammad Sinbad Asshobra
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:41
Last Modified: 24 Feb 2020 02:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1211

Actions (login required)

View Item View Item