Waruwu, Rinda Mawar Rianti (2022) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA SMP PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813071014-COVER.pdf Download (730kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813071014-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813071014-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kavalidan, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD elektronik berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMP pada materi cahaya dan alat optik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementations), dan (5) evaluasi (evaluation). Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap develop dikarenakan waktu penelitian hanya sampai satu semester. Subjek penelitian melibatkan dua orang ahli pendidikan IPA untuk uji kevalidan, dua orang guru IPA untuk uji kepraktisan, dan 10 orang peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Singaraja untuk uji keterbacaan. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik LKPD elektronik yang dikembangkan, yaitu (1) memiliki lima judul kegiatan praktikum, (2) menggunakan langkah-langkah model pembelajaran inkuiri terbimbing (3) berisikan petunjuk penggunaan LKPD, (4) Setiap sub materi terdiri atas fitur judul, indikator, tujuan, fenomena, merumuskan masalah hingga menarik kesimpulan. Hasil pengembangan LKPD elektronik diperoleh hasil uji validasi oleh ahli rata-rata 4,3 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh guru IPA rata-rata skor 3,9 dengan kriteria praktis. Hasil uji keterbacaan oleh 10 orang peserta didik rata-rata 4,6 dengan kriteria sangat terbaca. Berdasarkan temuan hasil penelitian LKPD elektronik berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMP pada materi cahaya dan alat optik dapat diuji ke tahap berikutnya yaitu tahap implementasi dan evaluasi produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD elektronik IPA, Inkuiri Terbimbing, Cahaya dan Alat Optik |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Rinda Mawar Rianti Waruwu |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 06:52 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 06:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12112 |
Actions (login required)
View Item |