Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Articulate Storyline 3 Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP N 1 Negara

Isimunuartha, Gde Rama (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Articulate Storyline 3 Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP N 1 Negara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011066-COVER.pdf

Download (274kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011066-ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011066-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011066-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011066-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media Articulate Storyline 3 terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Negara tahun ajaran 2021/2022. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh siswa kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Data prestasi belajar matematika siswa dijaring dengan menggunakan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan nilai t_hitung=2,809 dan nilai t_tabel=1,696 dengan taraf signifikansi 5%. Apabila dibandingkan, nilai t_hit>t_tabel maka H_0 ditolak. Hal ini berarti bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran CPS berbantuan media Articulate Storyline 3. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat direkomendasikan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran CPS berbantuan media Articulate Storyline 3 dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Articulate Storyline 3, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Gde Rama Isimunuartha
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:26
Last Modified: 21 Jul 2022 07:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12254

Actions (login required)

View Item View Item