The Implementation of KWL Strategy on Student’s Reading Comprehension at SMA N 1 Kintamani in Online Learning

Widyari, Ni Kadek Riska (2022) The Implementation of KWL Strategy on Student’s Reading Comprehension at SMA N 1 Kintamani in Online Learning. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021083-ABSTRACT.pdf

Download (440kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021083- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (391kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812021083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021083-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021083-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021083-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi KWL terhadap pemahaman membaca siswa kelas dua SMA N 1 Kintamani dalam pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test and post-test control group design. XI IPS 1 dan XI IPS 2 dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Dengan melibatkan kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan metode konvensional, dan kelas XI IPS 2 sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan strategi KWL dalam pembelajaran membaca. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan SPSS 23. Pada pre-test, penelitian ini menemukan bahwa kelompok eksperimen (M=56,28) menunjukkan skor rata-rata pemahaman membaca yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol (M= 55,87). Hasil uji-t juga menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kontrol pada pre-test tidak signifikan (α=>0,05). Selanjutnya pada post-test, kelompok eksperimen memperoleh prestasi pemahaman membaca yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen (M=74,32) memperoleh nilai rata-rata pemahaman membaca yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (M=61,16). Hasil uji-t juga menegaskan bahwa perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kontrol pada post-test adalah signifikan (α=<0,05). Kesimpulannya, strategi KWL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa kelas dua di SMAN 1 Kintamani dalam pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemahaman membaca. pembelajaran online. strategi kwl.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Kadek Riska Widyari
Date Deposited: 21 Jul 2022 22:38
Last Modified: 21 Jul 2022 22:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12340

Actions (login required)

View Item View Item