Widyari, Ni Kadek Riska (2022) The Implementation of KWL Strategy on Student’s Reading Comprehension at SMA N 1 Kintamani in Online Learning. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
COVER.pdf Download (749kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021083-ABSTRACT.pdf Download (440kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021083- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (391kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812021083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021083-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021083-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (371kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021083-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi KWL terhadap pemahaman membaca siswa kelas dua SMA N 1 Kintamani dalam pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test and post-test control group design. XI IPS 1 dan XI IPS 2 dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Dengan melibatkan kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan metode konvensional, dan kelas XI IPS 2 sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan strategi KWL dalam pembelajaran membaca. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan SPSS 23. Pada pre-test, penelitian ini menemukan bahwa kelompok eksperimen (M=56,28) menunjukkan skor rata-rata pemahaman membaca yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol (M= 55,87). Hasil uji-t juga menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kontrol pada pre-test tidak signifikan (α=>0,05). Selanjutnya pada post-test, kelompok eksperimen memperoleh prestasi pemahaman membaca yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen (M=74,32) memperoleh nilai rata-rata pemahaman membaca yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (M=61,16). Hasil uji-t juga menegaskan bahwa perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kontrol pada post-test adalah signifikan (α=<0,05). Kesimpulannya, strategi KWL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa kelas dua di SMAN 1 Kintamani dalam pembelajaran online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman membaca. pembelajaran online. strategi kwl. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Riska Widyari |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 22:38 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 22:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12340 |
Actions (login required)
View Item |