Holid, Idham (2022) Pengaruh Project Based Blended Learning Model Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di MTs Negeri 4 Jembrana. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011049-COVER.pdf Download (514kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011049-ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011049-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang penting yang harus dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh project based blended learning model terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian eksperimen semu digunakan di penelitian ini menggunakan post-test only control group design. Populasi yang ditentukan yaitu semua siswa kelas VII MTs N 4 Jembrana dan dilaksanakan saat TA 2021/2022; dengan populasi berjumlah 210 siswa di 7 kelas. Dua kelas dari populasi dijadikan sampel penelitian, yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Siswa kelas eksperimen sebanyak 30 anak didapatkan dari kelas VIIA. Siswa kelas kontrol sebanyak 30 anak didapatkan dari kelas VIIC. Penetapan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Kesetaraan dari kedua kelas tersebut diketahui berdasarkan nilai PAS. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah skor kemampuan pemecahan masalah matematika yang diketahui berdasarkan hasil pengerjaan tes uraian. Hasil yang didapat dari penelitian ini memperoleh rerata skor postest di kelas eksperimen sebanyak 41.33 dan kelas kontrol sebanyak 36.20. Rerata skor kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil yang didapat dari pengujian hipotesis memakai uji-t dengan taraf signifikansi 5% dan mendapatkan hasil t_hitung>t_tabel (2.585>1.672). Hasil tersebut menggambarkan jika terdapat perbedaan signifikan mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol dan eksperimen. Kesimpulan yang didapatkan yaitu, ada pengaruh project based blended learning model terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata Kunci : Project Based Blended Learning Model, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Blended Learning Model, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Idham Holid |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 03:10 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 03:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12400 |
Actions (login required)
View Item |