EVALUASI PEMBELAJARAN DARING PADA PROGRAM STUDI PROFESI NERS DI PERGURUAN TINGGI ILMU KEPERAWATAN DI PROVINSI BALI

Sukadarma, I Gusti Ngurah Ketut (2022) EVALUASI PEMBELAJARAN DARING PADA PROGRAM STUDI PROFESI NERS DI PERGURUAN TINGGI ILMU KEPERAWATAN DI PROVINSI BALI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1839011012-COVER.pdf

Download (498kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1839011012-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1839011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1839011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1839011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
1839011012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1839011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1839011012-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran daring dan efekftivitasnya pada program studi profesi Ners di Perguruan Tinggi Ilmu Keperawatan di Bali dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, product). Responden penelitian terdiri dari 205 mahasiswa, 71 dosen, 5 kaprodi dan 5 sekprodi yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dan panduan wawancara. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) dari segi konteks, dinilai baik oleh mahasiswa, sangat baik oleh dosen dan pengelola prodi. 2) dari segi input, dinilai cukup, dinilai sangat baik oleh pengelola prodi. 3) dari segi proses, dinilai cukup oleh mahasiswa dan dosen, dinilai sangat baik oleh pengelola prodi. 4) dari segi produk, dinilai cukup oleh mahasiswa, dinilai kurang oleh dosen dan pengelola prodi. 5) efektivitas pelaksanaan program pembelajaran daring bagi mahasiswa prodi Ners di sekolah tinggi keperawatan di Bali dinilai cukup baik namun tidak efektif menurut penilaian mahasiswa, dan dosen. Perguruan tinggi keperawatan disarankan untuk menyediakan fasilitas pembelajaran daring seperti WiFi dan LMS. Dosen disarankan untuk mengikuti pelatihan ataupun seminar guna meningkatkan kompetensi mengajar daring. AIPNI disarankan untuk merevisi kurikulum yang menekankan pada pembelajaran blended learning dimasa pandemi ini. Kata kunci:Evaluasi, Pembelajaran Daring, Ners.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran Daring, Ners.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: I Gusti Ngurah Ketut Sukadarma
Date Deposited: 21 Jul 2022 11:52
Last Modified: 21 Jul 2022 11:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12407

Actions (login required)

View Item View Item