PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI BERORIENTASI ICT TPACK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Setiawan, I Nengah Dedy (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI BERORIENTASI ICT TPACK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1816011114-COVER.pdf

Download (385kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1816011114-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011114-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (650kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011114-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011114-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011114-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011114-BAB 5 PENUTUP.pdf

Download (638kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011114-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1816011114-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Media audio visual berorientasi ICT TPACK dalam pembelajaran PJOK merupakan hal urgen saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video tugas gerak meroda dan kayang untuk peserta didik kelas VII SMP. Penelitian pengembangan (research and development) ini menggunakan rancangan model ADDIE. Sampel penelitian terdiri atas peserta didik kelas VII berjumlah 2.985 orang, berasal dari 8 SMP Negeri di Kecamatan Buleleng. Instrumen penelitian berupa angket tertutup dalam bentuk google form dan lembar validasi tugas gerak. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) 93,3% (795 orang) peserta didik membutuhkan video tugas gerak pembelajaran PJOK pada materi meroda dan kayang, 2) skor ahli isi terhadap tugas gerak meroda dan kayang mencapai 75 dari skor maksimal 75. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah: 1) video tugas gerak pembelajaran PJOK pada materi meroda dan kayang sangat dibutuhkan oleh peserta didik SMP kelas VII, dan 2) tugas gerak meroda dan kayang dinyatakan valid oleh pakar isi PJOK. Kepada guru PJOK SMP Negeri di Kecamatan Buleleng dapat mengimplementasikan tugas gerak meroda dan kayang yang dirancang melalui penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PJOK, Meroda, Kayang, ICT TPACK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Nengah Dedy Setiawan
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:54
Last Modified: 22 Jul 2022 01:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12474

Actions (login required)

View Item View Item