Analisis Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Nilai Mutlak

Hanafia, Lutfi Nur (2022) Analisis Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Nilai Mutlak. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1813011042-COVER)
1813011052-COVER.pdf

Download (402kB)
[img] Text (1813011051-ABSTRAK)
1813011052-ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text (1813011052-BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text (1813011052-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (1813011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (1813011052-DAFTAR PUSTAKA)
1813011052-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text (1813011052-BAB 5 PENUTUP)
1813011052-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (1813011052-LAMPIRAN)
1813011052-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk dapat menguasai atau mengaitkan konsep matematika lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika peserta didik, mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika pada materi persamaan nilai mutlak dan memberikan alternatif solusi untuk mengatasi kesalahan yang dilakuakn peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X OTKP SMK Negeri Sekar pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 33 peserta didik. Selanjutnya dipilih enam orang menggunakan Purposive Sampling untuk dilakukan wawancara dengan mempertimbangkan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah yang dikumpulkan menggunakan tes. Instrumen penelitian ini berupa tes uraian dan pedoman wawancara. Tes disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep (C2) taksonomi Bloom. Data dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Analisis kualitatif dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X OTKP SMK Negeri Sekar sebesar 54,54%, kategori sedang. Kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika pada materi persamaan nilai mutlak sesuai dengan indikator taksonomi Bloom, meliputi: translasi, interpretasi dan ekstrapolasi. Persentase ketiga indikator berturut-turut: indikator translasi sebesar 66,67% kategori tinggi, pada indikator interpretasi sebesar 89,4% kategori sangat tinggi dan indikator ekstrapolasi sebesar 66,67% kategori tinggi. Beberapa rekomendasi yang diberikan meliputi: memilih metode dan menggunakan media pembelajaran yang mudah dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran, meningkatkan literasi numerasi, menekankan pada pemahaman konsep, memberikan latihan soal yang bervariasi, serta membimbing peserta didik untuk menyelesaikan soal dengan langkah yang sistematis. Kata kunci: pemahaman konsep matematika, taksonomi bloom, persamaan nilai mutlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep matematika, taksonomi bloom, persamaan nilai mutlak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Lutfi Nur Hanafia
Date Deposited: 22 Jul 2022 05:22
Last Modified: 22 Jul 2022 05:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12569

Actions (login required)

View Item View Item