Suriani, Putu Claudia (2022) EXPLORING THE USE OF MOBILE-ASSISTED LANGUAGE LEARNING (MALL) IN THE BLENDED LEARNING CONTEXT AND STUDENTS’ ANXIETY IN SMK TRIATMA JAYA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021012-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021012-ABSTRAK.pdf Download (472kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (505kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021012-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menelusuri bagaimana penggunaan Mobile-Assisted Language Learning atau pembelajaran Bahasa berbasis ponsel dilakukan selama proses pembelajaran Bahasa Inggris terutama dalam prosedur tiga kegiatan yaitu awal pembelajaran, pembelajaran inti, dan pasca-pembelajaran. Tidak hanya pada kegiatan pembelajaran, MALL atau Pembelajaran Bahasa Berbantuan Seluler dikaji juga dalam proses menyebarkan atau berbagi materi, tugas, atau proyek. Tidak hanya itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui tingkat kecemasan yang dihadapi siswa SMK Triatma Jaya Singaraja dalam konteks blended learning situasi pasca-pandemi. Penelitian ini menggunakan desain mix-method khususnya embedded sequential mix-method. Mix-method adalah pendekatan pengumpulan data yang digabungkan secara kualitatif dan kuantitatif. Istilah metode campuran spesifik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran embedded yang melibatkan kebutuhan untuk memasukkan atau menanamkan elemen kualitatif dalam desain kuantitatif. Artinya satu set data kualitatif memberikan dukungan dan memberikan peran sekunder yang didasarkan terutama pada data kuantitatif. Selanjutnya, terdapat data kualitatif dan data kuantitatif yang digunakan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian yang berbeda seperti; 1) Bagaimana Mobile Assisted Language Learning digunakan guru dan siswa dalam konteks blended learning dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMK Triatma Jaya Singaraja? Dan 2) Bagaimana tingkat kecemasan siswa dalam konteks blended learning dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMK Triatma Jaya Singaraja?. Subyek penelitian difokuskan pada satu guru bahasa Inggris dan total 65 siswa yang tergabung dari dua kelas yaitu kelas X Perhotelan dan Kelas X Kuliner. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi untuk mengetahui bagaimana MALL digunakan dan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa, digunakan Kuesioner FLCAS dan tingkat kecemasan dikategorikan dengan menggunakan Skala Oetting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru menggunakan MALL sebagai strategi tidak hanya dalam tiga prosedur pengajaran, tetapi juga untuk berbagi materi atau tugas dan memanfaatkan MALL dalam konteks blended learning karena keadaan pascapandemi mengharuskan guru untuk beradaptasi, dan tidak dapat sepenuhnya mempertahankan situasi pembelajaran offline penuh di mana penggunaan MALL untuk memberikan fleksibilitas dan akses mudah ke materi. Dikaitkan dengan tingkat kecemasan siswa dalam konteks blended-learning, dari aspek umum, seluruh 65 siswa dikategorikan cemas ringan dengan frekuensi relatif 46,2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Berbantuan Seluler, Pembelajaran Campuran, Sekolah Kejuruan, Tingkat Kecemasan, Pasca-Pandemi |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Claudia Suriani |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 07:17 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 07:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12577 |
Actions (login required)
View Item |