Pengembangan Buku Panduan Berlandaskan Teori Konseling Behavioral Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Self Order Siswa SMA

Lata, Ni Luh Dewi Cempaka (2022) Pengembangan Buku Panduan Berlandaskan Teori Konseling Behavioral Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Self Order Siswa SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811011011-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811011011-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (505kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811011011-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji keberterimaan dan efektivitas implementasi buku panduan berlandaskan teori konseling behavioral teknik penguatan positif untuk meningkatkan self order siswa SMA. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Dalam penelitian ini melibatkan 5 pakar/praktisi yang dalam bimbingan konseling diantaranya yaitu 3 orang dosen Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha dan 2 orang Guru Bimbingan Konseling SMA guna menguji validitas isi (content) buku panduan ini. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah Content Validity Ratio (CVR) dari Lawshe. Untuk menguji keberterimaan buku panduan ini, peneliti melibatkan 10 orang guru BK SMA sebagai penilai. Untuk menguji efektivitas melibatkan 15 orang siswa secara intact group sebagai subyek uji coba efektifitas buku panduan yang dikembangkan. Dari 22 butir instrumen yang digunakan untuk menilai validitas isi (CVI), dinyatakan buku panduan berlandaskan teori konseling behavioral teknik penguatan positif untuk meningkatkan self order siswa memiliki validitas yang baik untuk setiap butirnya. Penilain indeks validitas isi (Content Validity Index) terhadap buku panduan konseling sangat penting untuk mengetahui layak untuk digunakan. Pngujian keberterimaan buku panduan menunjukkan nilai skala 3,79 memiliki nilai B (Baik). Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Buku panduan berlandaskan teori konseling behavioral teknik penguatan positif untuk meningkatkan self order siswa dengan thitung 15,839 dengan taraf signifikansi 0,05 dan nilai ES= 3,801 yang termasuk kategori ES Tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan, Konseling Behavioral, Teknik Penguatan Positif, Self order.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ni Luh Dewi Cempaka Lata
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:02
Last Modified: 25 Jul 2022 02:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12638

Actions (login required)

View Item View Item