Pengembangan Tes Berpikir Kritis Sains Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Saputri, Made Lusiana Hendrika (2022) Pengembangan Tes Berpikir Kritis Sains Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029041011-COVER.pdf

Download (243kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029041011-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029041011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029041011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029041011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029041011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029041011-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029041011-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029041011-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai karakteristik tes berpikir kritis dan kualitas dari instrumen berpikir kritis sains siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4D dari Thiagarajan dengan 4 prosedur yakni define, design, develop, dan dissemination. Karakteristik tes berpikir kritis sains pada penelitian ini, yaitu (1) tes berpikir kritis sains ini indikatornya diadopsi dari Ennis dalam konteks sains, (2) tes berpikir kritis ini dikembangkan dari kurikulum 2013 dengan materi gaya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesek, dan (3) bentuk tes yang digunakan adalah tes essay. Peneliti mengembangkan instrumen tes berpikir kritis sains dalam bentuk essay yang kemudian di validasi oleh lima para ahli. Hasil perhitungan dari content validity index (CVI) sebesar 0,61 dengan kategori validitas isi tinggi. Hasil validitas empirik terdapat 13 butir soal yang dinyatakan valid. Menghitung reliabilitas melalui rumus Alpha Cronbach dan hasil nilai Alpha Cronbach's sebesar 0,878. Nilai ini berada pada rentang 0,80 < r ≤ 1,00 sehingga dikategorikan reliabilitas instrumen yang digunakan dalam penelitian sangat tinggi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa tes berpikir kritis sains untuk siswa kelas IV SD dinyatakan valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, pembelajaran sains
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Made Lusiana Hendrika Saputri
Date Deposited: 26 Jul 2022 23:43
Last Modified: 26 Jul 2022 23:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item