Rianti, Ni Wayan Anisa (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI PADA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TEMA 5 SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 1 KAYUBIHI TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031261-COVER.pdf Download (279kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031261-ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031261-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031261-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031261-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031261-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031261-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031261-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031261-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun e-modul berbasis inkuiri pada muatan IPA tema 5 subtema 2 kelas V sekolah dasar, (2) untuk mengetahui validitas e-modul berbasis inkuiri pada muatan IPA tema 5 subtema 2 kelas V sekolah dasar, (3) untuk mengetahui efektivitas e-modul berbasis inkuiri pada muatan IPA tema 5 subtema 2 kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, kuesioner, dan tes yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, statistik deskriptif serta statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun e-modul berbasis inkuiri pada muatan IPA tema 5 subtema 2 kelas V sekolah dasar yang perancangannya melalui beberapa tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. (2) e-modul berbasis inkuiri pada muatan IPA tema 5 subtema 2 kelas V sekolah dasar dinyatakan layak berdasarkan hasil uji ahli isi mata pelajaran sebesar 98,52%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 94,65%, uji ahli media pembelajaran 95,30%, uji coba perorangan sebesar 92,50%, uji coba kelompok kecil 90,55%, dan hasil uji coba lapangan 90,50% yang berarti keseluruhan presentase skornya menunjukkan kualifikasi sangat baik. (3) berdasarkan hasil uji non parametrik Wilxocon berbantuan SPSS 17.0 diperoleh hasil nilai Asymp. Sig (2 tailed) = 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis inkuiri efektif diterapkan pada muatan IPA tema 5 subtema 2 kelas V SD Negeri 1 Kayubihi Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, e-modul, Inkuiri, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Anisa Rianti |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 05:09 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 05:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12727 |
Actions (login required)
View Item |