Alhamid, Gozeli (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512011049-COVER.pdf Download (417kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512011049-ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512011049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512011049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512011049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512011049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512011049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512011049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512011049-LAMPIRAN.pdf Download (957kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMPN 7 Singaraja ini bertujuan (1) mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII E di SMPN 7 Singaraja, (2) mendeskripsikan keterampilan siswa berdiskusi melalui penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback kelas VIII E di SMPN 7 Singaraja, (3) mendeskripsikan respons siswa kelas VIII E di SMPN 7 Singaraja terhadap penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII E SMPN 7 Singaraja. Objek penelitian ini adalah aktivitas siswa, peningkatan hasil, dan respons siswa dalam penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dalam pembelajaran teks eksplanasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) siswa dan guru terlihat aktif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam berdiskusi dalam kelompok dan membagi hasil diskusinya dengan kelompok lain (2) penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa. Hal ini dapat dilihat dalam perbandingan skor rata-rata klasikal, yakni pada pratindakan skor rata-rata klasikal 68,9, siklus I memeroleh skor rata-rata klasikal 73,1, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 82,9, (3) siswa memberikan respons sangat positif terhadap penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dalam pembelajaran berdiskusi. Dari hasil yang dicapai, bahwa model pembelajaran Carousel Feedback perlu dipertimbangkan sebagai upaya untuk mengobtimalkan proses dan hasil belajar bahasa dan sastra.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penerapan, model Carousel Feedback, diskusi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | M. Gozeli Al Hamid |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 04:58 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 04:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/129 |
Actions (login required)
View Item |