PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGONTROL KECEMASAN MATEMATIKA

Durasa, Helfra (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGONTROL KECEMASAN MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029021008-COVER.pdf

Download (982kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029021008-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029021008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029021008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2029021008-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029021008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029021008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029021008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029021008-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, setelah mengontrol kecemasan matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langke Rembong, Kabupaten Manggarai yang berjumlah 430 orang dan terdistribusi ke dalam 12 kelas. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, berdasarkan hasil pengujian kesetaraan antar kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen posttes only control group, dengan rancangan penelitian menggunakan desain treatment by levels 2x2. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kuesioner untuk memperoleh data kemandirian belajar dan kecemasan matematis siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Two-Way Analysis of Covariance dengan bantuan program IBM SPSS 25.0 for Window pada taraf signifikansi (p) = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan model problem-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, setelah mengontrol kecemasan matematis, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah mengontrol kecemasan matematis, (3) pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model problem-based learning lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, setelah mengontrol kecemasan matematis, (4) pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model problem-based learning lebih rendah daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional setelah mengontrol kecemasan matematis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem-based learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, setelah mengontrol kecemasan matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kecemasan Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Helfra Durasa
Date Deposited: 30 Sep 2022 13:25
Last Modified: 30 Sep 2022 13:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12920

Actions (login required)

View Item View Item