Durasa, Helfra (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGONTROL KECEMASAN MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029021008-COVER.pdf Download (982kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029021008-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029021008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029021008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2029021008-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029021008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029021008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029021008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029021008-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, setelah mengontrol kecemasan matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langke Rembong, Kabupaten Manggarai yang berjumlah 430 orang dan terdistribusi ke dalam 12 kelas. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, berdasarkan hasil pengujian kesetaraan antar kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen posttes only control group, dengan rancangan penelitian menggunakan desain treatment by levels 2x2. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kuesioner untuk memperoleh data kemandirian belajar dan kecemasan matematis siswa. Data dianalisis dengan menggunakan Two-Way Analysis of Covariance dengan bantuan program IBM SPSS 25.0 for Window pada taraf signifikansi (p) = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan model problem-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, setelah mengontrol kecemasan matematis, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah mengontrol kecemasan matematis, (3) pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model problem-based learning lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, setelah mengontrol kecemasan matematis, (4) pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model problem-based learning lebih rendah daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional setelah mengontrol kecemasan matematis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem-based learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, setelah mengontrol kecemasan matematis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem-Based Learning, Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kecemasan Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Helfra Durasa |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 13:25 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 13:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12920 |
Actions (login required)
View Item |