Ariawan, Kadek Yudik (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI ROTASI BUMI DAN AKIBATNYA BERBASIS POWTOON MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VI SD N 1 BANJAR JAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031218-COVER.pdf Download (257kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031218-ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031218-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031218-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031218-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031218-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031218-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031218-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031218-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui rancang bangun video animasi Powtoon, tingkat validitas video animasi Powtoon, kepraktisan media video animasi Powtoon, dan respon siswa setelah menggunakan media video animasi Powtoon. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan (1) analyze (2) design (3) development (4) implementation (5) evaluation. Subjek penelitian ini berupa media pembelajaran video animasi Powtoon, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas isi, kepraktisan media dan respon pengguna video animasi Powtoon rotasi bumi dan akibatnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, sedangkan untuk mengukur validitas menggunakan instrument rating scale. Untuk mengukur validitas video diuji oleh 4 dosen ahli dan 2 guru ahli atau praktisi. Data valditas video animasi Powtoon rotasi bumi dan akibatnya yang sudah teruji validitasnya dengan skor rata-rata sebesar 96,15% dari ahli media I dan 90,38% dari ahli media II. 95% dari ahli materi I dan 90% dari ahli materi II. Tanggapan penilaian dari praktisi/guru kelas memperoleh persentase kevalidan/kelayakan sebesar 97,36% dari praktisi I dan 98,68% dari Praktisi II. Hasil uji respon siswa menunjukkan persentase sebesar 97,91% dengan kriteria sangat valid. Hal tersebut membuktikan bahwa video yang dikembangkan sudah sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa, video animasi Powtoon layak digunakan pada muatan IPA kelas VI sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, video animasi Powtoon, rotasi bumi dan akibatnya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Yudik Ariawan |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 07:19 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 07:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12945 |
Actions (login required)
View Item |