Dewi, Ni Luh Putu Ari Sintya (2022) Pengembangan Media Pembelajaran E-KOMED Topik Siklus Hidup Makhluk Hidup Kelas IV SD Negeri 2 Selat Klungkung. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031182-COVER.pdf Download (606kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031182-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031182-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (463kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031182-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031182-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031182-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031182-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031182-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031182-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kajian ini memiliki tujuan guna mencari tahu (1) rancang bangun media pembelajaran E-KOMED dengan topik siklus hidup makhluk hidup kelas IV, (2) validitas media pembelajaran E-KOMED, dan (3) respons siswa terhadap media pembelajaran E-KOMED. Pemodelan kajian pengembangan yang dipergunakan ialah pemodelan ADDIE yang terdapat beberapa tahap sistematis yaitu analyze (analisis), design (desain/perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), serta evaluation (evaluasi). Dalam kajian ini subjek uji coba ialah 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli bahasa, 2 guru praktisi, dan 9 siswa kelas IV SD Negeri 2 Selat. Metode penghimpunan data dalam kajian ini mempergunakan kuesioner dengan distribusi rating scale berskala 4. Data dianalisa mempergunakan formula mean guna mendapat skor rerata. Perolehan skor rerata uji validitas dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media serta praktisi secara berurutan yakni 3,96, 3,90, 3,62, 3,90 berkualifikasi sangat baik. Sedangkan respon siswa uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil yaitu 3,58 dan 3,36 berkualifikasi sangat baik. Berlandaskan pada hasil pengembangan maka bisa ditarik simpulan bahwasanya (1) rancang bangun media pembelajaran E-KOMED meliputi bagian pembuka, isi dan penutup yang dirancang untuk satu kompetensi dasar, (2) validitas media pembelajaran E-KOMED dinyatakan layak dipergunakan pada aktivitas belajar, dan (3) respon siswa terhadap media pembelajaran E-KOMED dinyatakan layak dipergunakan pada aktivitas belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, E-KOMED, siklus hidup makhluk hidup. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Ari Sintya Dewi |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 01:28 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 01:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13048 |
Actions (login required)
View Item |