Paramita, Made Dyah Pradnya (2022) KOMPETENSI GURU IPS DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BULELENG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2029091016-COVER)
2029091016-Cover.pdf Download (925kB) |
|
Text (2029091016-ABSTRAK)
2029091016-Abstrak.pdf Download (251kB) |
|
Text (2029091016-BAB 1 PENDAHULUAN)
2029091016-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (393kB) |
|
Text (2029091016-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029091016-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text (2029091016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029091016-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (977kB) | Request a copy |
|
Text (2029091016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029091016-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (924kB) | Request a copy |
|
Text (2029091016-BAB 5 PENUTUP)
2029091016-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (2029091016-DAFTAR PUSTAKA)
2029091016-Daftar Pustaka.pdf Download (535kB) |
|
Text (2029091016-LAMPIRAN)
2029091016-Lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kompetensi Guru IPS SMP di Kabupaten Buleleng, 2) pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap tingkat kompetensi guru, 3) pengaruh motivasi kerja guru terhadap tingkat kompetensi guru, 4) pengaruh kesejahteraan guru terhadap tingkat kompetensi guru Populasi penelitian adalah semua guru IPS SMP/MTs di Kabupaten Buleleng yang berjumlah 107 orang guru. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 78 dengan formula Slovin. Responden dipilih dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan menggunakan google form. Data penelitian dianalisis dengan teknik statistik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor iklim organisasi sekolah (X1), faktor motivasi kerja guru (X2) dan faktor kesejahteraan guru (X3) berkontribusi signifikan sebagai penduga terhadap keragaman kompetensi guru IPS (nilai F=65,914 dan p (0,05) = 0,000). Melalui uji t diketahui bahwa X1, X2 dan X3 berpengaruh nyata terhadap kompetensi guru IPS (Y), dimana ketifa faktor tersebut memberikan sumbangan (R2) sebesar 72,80%, artinya bahwa ketiga faktor mampu menjelaskan 72,80% variasi kompetensi guru IPS. Faktor motivasi kerja memiliki pengaruh terkuat ( nilai t = 4,595 sig (p) = 0,000, disusul oleh faktor kesejahteraan guru ( nilai t = 4,137, sig (p) = 0,000 dan faktor iklim organisasi sekolah (nilai t=2,567 sig (p) = 0,012). Implikasi penelitian adalah kompetensi guru IPS dapat ditingkatkan dengan mengembangkan motivasi kerja, meningkatkan kesehteraannya dan menciptakan iklim organisasi sekolah yang kondusif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru, Iklim Organisasi Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Kesejahteraan Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Made Dyah Pradnya Paramita |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 09:16 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 09:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13077 |
Actions (login required)
View Item |