PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS LITERASI PADA MATERI IPA KELAS VIII UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Pratiwi, Luh Gede Eka (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS LITERASI PADA MATERI IPA KELAS VIII UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1823071014-COVER)
1823071014-Cover.pdf

Download (625kB)
[img] Text (1823071014-ABSTRAK)
1823071014-Abstrak.pdf

Download (223kB)
[img] Text (1823071014-BAB 1 PENDAHULUAN)
1823071014-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (371kB)
[img] Text (1823071014-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823071014-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (1823071014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823071014-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (1823071014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823071014-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (1823071014-BAB 5 PENUTUP)
1823071014-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (1823071014-DAFTAR PUSTAKA)
1823071014-Daftar Pustaka.pdf

Download (478kB)
[img] Text (1823071014-LAMPIRAN)
1823071014-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk lembar kerja siswa berbasis literasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. LKS yang telah disusun diuji untuk mengetahui validitas LKS, kepraktisan LKS, dan keefektifan LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang merujuk pada prosedur dari teori Borg and Gall dan Sugiyono. Karakteristik LKS yang dikembangkan dianalisis dengan cara mendeskripsikan ciri dari LKS tersebut. Validitas dan kepraktisan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, edangkan uji keefektifan LKS menggunakan teknik analisis uji proporsi satu sampel. Hasil penelitian meliputi karakteristik LKS (1) penyajian LKS dalam format digital, (2) dilengkapi dengan fenomena berkaitan dengan materi IPA, (3) LKS terdiri dari langkah pembelajaran 5M meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan, (4) materi yang disajikan singkat dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, (5) dilengkapi dengan link video percobaan yang berkaitan dengan materi, (6) terdapat pertanyaan yang berkaitan dengan permasalah pada video dan materi, (7) dan pada bagian akhir LKS siswa diminta membuat laporan dalam bentuk essay sederhana sesuai format yang telah ditentukan. LKS yang dikembangkan tergolong valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Hasil Belajar, Literasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Luh Gede Eka Pratiwi
Date Deposited: 15 Oct 2022 05:06
Last Modified: 15 Oct 2022 05:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13099

Actions (login required)

View Item View Item