PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 KERAMBITAN

Wikarto, B (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 KERAMBITAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2029091014-COVER)
2029091014-COVER.pdf

Download (847kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029091014-ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2029091014-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (441kB)
[img] Text (BAB II LANDASAN TEORI)
2029091014-BAB II LANDASAN TEORI DAN PERUMUSAN HIPOTESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2029091014-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN)
2029091014-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2029091014-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029091014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029091014-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wikarto, B. (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Pada Siswa di SMP Negeri 1 Kerambitan. Tesis Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd. dan Pembimbing II : Dr. Luh Putu Indrayani, M.Pd. Kata- kata kunci : model pembelajaran Jigsaw, prestasi belajar IPS, motivasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh model pembelajaran Jigsaw Berbantuan Video Pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS ditinjau dari motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas IX SMP N 1 Kerambitan. Sebanyak 70 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group/class random sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan prestasi belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan Anava A-B berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil uji normalitas sebaran data menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga semua kelompok data skor prestasi belajar IPS berdistribusi normal. Uji normalitas dan homogenitas prestasi belajar IPS dapat dikatakan bahwa uji prasyarat analisis untuk pengujian hipotesis dengan ANAVA dua-jalur telah dapat dipenuhi. Oleh karena itu pengujian analisis dengan ANAVA dua-jalur dapat dilanjutkan. Secara keseluruhan uji hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, ada pengaruh interaksi yang signifikasi antara penerapan model pembelajaran Jigsaw dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar IPS pada siswa. Kedua, untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, terdapat perbedaan prestasi belajar IPS yang signifikan antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran jigsaw dan siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran STAD. Ketiga, siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah terdapat perbedaan prestasi belajar IPS yang signifikan antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran jigsaw dan siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran STAD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Jigsaw, prestasi belajar IPS, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: B.Wikarto
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:53
Last Modified: 18 Oct 2022 07:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13121

Actions (login required)

View Item View Item