Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA

Elen Merta Juliasa, Gede (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923071030-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923071030-ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923071030-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan perbedaaan prestasi belajar fisika siswa yang belajar menggunakan model problem based learning dengan siswa yang belajar menggunakan model direct instruction, (2) mendeskripsikan ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar fisika, (3) mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar fisika antara penerapan model problem based learning dan model direct instruction pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, dan (4) mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar fisika antara penerapan model problem based learning dan model direct instruction pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Singaraja yang berjumlah 216 siswa. Sampel penelitian diambil dengan Teknik random assignment untuk menentukan empat kelas sebagai sampel keseluruhan. Data prestasi belajar dan motivasi berprestasi siswa diperoleh dari nilai tes prestasi belajar dan angket motivasi berprestasi. Tes prestasi belajar terdiri dari 20 butir dengan reliabilitas tes 0,935. Angket motivasi berprestasi terdiri 27 butir dengan reliabilitas 0,877. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian dua jalur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa akibat perbedaan model pembelajaran. Prestasi belajar yang lebih tinggi diraih oleh siswa yang menerima perlakuan model problem based learning, (2) terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan motivasi berprestrasi terhadap prestasi belajar fisika, (3) terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara penerapan model problem based learning dan model direct instruction pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, dan (4) perbedaan prestasi belajar fisika antara penerapan model problem based learning dan model direct instruction pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi. Prestasi belajar yang lebih tinggi diraih oleh siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yang belajar dengan model problem based learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, motivasi berprestasi, dan prestasi belajar fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Gede Elen Merta Juliyasa
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:17
Last Modified: 17 Oct 2022 07:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13131

Actions (login required)

View Item View Item