Swandewi, Ni Kadek Ria (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 3 PEGUYANGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031232-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031232-ABSTRAK.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031232-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (598kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031232-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031232-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031232-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031232-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031232-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (473kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031232-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Keterbatasan media ajar yang ada di sekolah menyebabkan siswa kurang fokus saat proses pembelajaran. Oleh karenanya, peneliti melakukan pengembangan media monopoli tentang muatan IPA. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran monopoli pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran monopoli pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV , (3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran monopoli pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah para ahli yang terdiri dari ahli isi pembelajaran, desain pembelajaran dan media pembelajaran serta siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan non tes. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu (1) Rancang bangun media pembelajaran monopoli yaitu kartu yang dicetak menggunakan kertas artpaper, yang bagian kartunya ada dua sisi dengan kode kartu yang berurutan. (2) Kelayakan media pembelajaran monopoli diperoleh dari hasil uji ahli isi pembelajaran dengan persentase 85%, uji desain pembelajaran dengan persentase 82,5%, uji ahli media pembelajaran dengan persentase 90%, uji perorangan memperoleh persentase 91,6%, uji kelompok kecil memperoleh persentase 93% dan uji lapangan memperoleh persentase 92,5%. (3) Hasil uji hipotesis dengan uji-t sample dependent memperoleh dengan db= n-1 =29-1 = 28, t tabel pada tabel taraf signifikansi 5% untuk pengujian hipotesis direksional sebesar 1,701 maka terlihat bahwa thitung > ttabel. Sehingga H0 di tolak H1 diterima. Berdasarkan hal tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran monopoli pada materi daur hidup hewan muatan IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Monopoli, IPA, Daur Hidup Hewan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Ria Swandewi |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 03:00 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 03:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13153 |
Actions (login required)
View Item |