PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI GAGNE UNTUK MATA PELAJARAN TEMATIK PADA KELAS V SEKOLAH DASAR

Putra, I Gede Widiartana (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI GAGNE UNTUK MATA PELAJARAN TEMATIK PADA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029071001-COVER.pdf

Download (455kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029071001-ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029071001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029071001 BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029071001- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029071001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029071001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029071001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029071001-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Putra, I Gede Widiartana (2022), Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Teori Gagne untuk Mata Pelajaran Tematik pada Kelas V Sekolah Dasar. Tesis, Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Wayan Sukra Warpala, S. Pd. M. Sc. dan Pembimbing II: Dr. I Gde Wawan Sudatha, S.Pd., S.T., M.Pd. Kata-kata kunci: media.pembelajaran, video pembelajaran, teori belajar 9 langkah Gagne, model pengembangan ADDIE. Minimnya penggunaan media teknologi pada sekolah dasar membuat proses pembelajaran hanya terpaku pada metode konvensional. Berdasarkan hal itu, penelitian..ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang..bangun video pembelajaran IPA, (2) mendeskripsikan kualitas hasil validitas pengembangan video pembelajaran IPA menurut para ahli..dan uji coba produk, dan (3) mengetahui efektivitas dari video..pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE..yang terdiri dari..tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi berdasarkan pada 9 langkah/event Gagne; (1) menarik perhatian; (2) menyampaikan tujuan pembelajaran; (3) mengingat kembali pembelajaran sebelumnya; (4) menyajikan materi; (5) memberikan bimbingan belajar; (6) memunculkan unjuk kerja (merespon); (7) memberikan umpan balik; (8) mengevaluasi kinerja; dan (9) memperkuat retensi dan transfer belajar (tanya jawab). Data yang dikumpulkan terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode wawancara, pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes objektif tipe pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial (uji-t). Subjek pada penelitian ini melibatkan ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar yang melibatkan peserta didik pada kelas VI, serta uji lapangan yang melibatkan peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Anturan. Hasil penelitian yang ditemukan antara lain (1) Rancang bangun video pembelajaran IPA dengan model ADDIE..meliputi lima tahapan: (a) tahap..analisis, (b) tahap..perancangan, (c) tahap..pengembangan, (d) tahap..implementasi, dan (e) tahap..evaluasi. (2) Video pembelajaran IPA valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan video pembelajaran IPA berpredikat baik (80,4%), (b) hasil review ahli media pembelajaran video pembelajaran IPA menunjukkan produk berpredikat sangat baik (97,7%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan video pembelajaran IPA berpredikat sangat baik (94,1%), (d) hasil uji perorangan menunjukkan video pembelajaran IPA berpredikat..sangat baik (93,76%), hasil uji..kelompok kecil menunjukkan video..pembelajaran IPA berpredikat sangat..baik (92,61%). Hasil uji..lapangan menunjukkan produk berpredikat sangat baik (90,45%). (3) Efektivitas pengembangan menunjukkan..hasil (2-tailed) equal variances assumed yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dengan hasil posttest.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, video pembelajaran, teori belajar 9 langkah Gagne, model pengembangan ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I Gede Widiartana Putra
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:15
Last Modified: 18 Oct 2022 03:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13211

Actions (login required)

View Item View Item