Pratama, I Gede Ngurah Jonny Anggara (2022) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline dengan Bantuan GeoGebra Pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011043-COVER.pdf Download (428kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011043-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011043-DAFTAR PUSTKA.pdf Download (177kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011043-LAMPIRAN.pdf Download (597kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) merumuskan karakteristik multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dengan bantuan GeoGebra pada materi transformasi geometri, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dengan bantuan GeoGebra pada materi transformasi geometri, dan (3) mengetahui tingkat kegunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dengan bantuan GeoGebra pada materi transformasi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Thiagarajan dkk, 1974), namun hanya sampai pada tahapan define, design, dan develop. Karakteristik dari multimedia yang dikembangkan yaitu (1) multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dengan bantuan GeoGebra pada materi transformasi geometri terdiri dari beberapa komponen utama yaitu materi, latihan soal, dan soal untuk evaluasi, (2) siswa dapat melakukan interaktivitas dengan menjawab pertanyaan pada multimedia dan akan diberikan feedback atas jawaban siswa, dan (3) multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dengan bantuan GeoGebra pada materi transformasi geometri memberikan kesempatan bagi siswa untuk melakukan eksplorasi. Penilaian terhadap multimedia yang dikembangkan mendapat skor rata-rata 3,55 dari ahli media dengan kriteria sangat layak dan skor rata-rata 3,6 dari ahli materi dengan kriteria sangat layak. Tingkat kegunaan dari multimedia yang dikembangkan dapat dilihat dari hasil uji coba terbatas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Tejakula yang melibatkan 5 siswa kelas IX dan 1 guru pengajar. Berdasarkan hasil uji coba terbatas, diproleh bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang kembangkan mendapat skor rata-rata 83 dari siswa dengan gambaran peringkat sangat baik dan skor rata-rata 85 dari guru pengajar dengan gambaran peringkat sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Geogebra, Transformasi Geometri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Gede Ngurah Jonny Anggara Pratama |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 06:29 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 06:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13226 |
Actions (login required)
View Item |