ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

Ayu Diah Suciningtyas, Luh (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011041-COVER.pdf

Download (949kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011041-ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (516kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011041-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011041-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011041-LAMPIRAN.pdf

Download (840kB)

Abstract

Analisis kemampuan matematika siswa dalam menyelesaikan soal HOTS perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa kemampuan siswa dalam menjawab soal HOTS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX.8 SMP Negeri 6 Singaraja tahun ajaran 2021/2022. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara mendalam dan tes. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan matematika siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dan pedoman wawancara yang telah diuji terlebih dahulu validitas dan reabilitasnya. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, tringulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan siswa pada tingkat pra-struktural (prestructural level) sebesar 19,36 % dari 31 siswa, siswa belum mampu memahami, merencenakan dan menyelesaian soal. Kemampuan pada tingkat uni-struktural (uni-structural level) sebesar 51,61 %, siswa dapat memahami namun belum mampu merencanakan. Kemampuan pada tingkat multi-struktural (multi-structural level) sebesar 6,45 %, siswa dapat memahami, dan merencanakan, namun belum mampu menyelesaikan soal. Kemampuan pada tingkat relasional (relational level) sebesar 22,58 %, siswa dapat memahami soal, merencanakan serta menyelesaikan soal, Kemampuan pada tingkat (extended abstract) belum mencapai persentase, tetapi terdapat 2 orang siswa yang berhasil menyelesaikan soal tipe extended abstract.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kemampuan, Soal HOTS, Taksonomi SOLO
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Luh Ayu Diah Suciningtyas
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:08
Last Modified: 19 Oct 2022 07:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13251

Actions (login required)

View Item View Item