Studi Pelaksanaan Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Saintifik di SMP Santo Paulus Singaraja

Tarigan, Olivia Florentina Br (2022) Studi Pelaksanaan Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Saintifik di SMP Santo Paulus Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813071024-COVER.pdf

Download (818kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813071024-ABSTRAK.pdf

Download (40kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071024-BAB 1- PENDAHULUAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071024-BAB 2-KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071024-BAB 3-METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1813071024-BAB 4-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813071024-LAMPIRAN.pdf

Download (648kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifik di SMP Santo Paulus Singaraja dan (2) untuk menganalisis faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik di SMP Santo Paulus Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru IPA di SMP Santo Paulus Singaraja. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan jenis purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan metode (1) dokumentasi, (2) observasi, dan (3) wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran sudah menggunakan pendekatan saintifik dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif. Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik pada keterampilan mengamati, mengumpulkan informasi/mencoba dan mengkomunikasikan sudah terlaksana dengan baik. Sedangkan pada penerapan keterampilan menanya dan menalar/mengasosiasi tidak sepenuhnya terlaksana dengan baik. Penilaian pembelajaran dilaksanakan pada ranah sikap, keterampilan dan pengetahuan. Namun masih terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran yaitu (1) sikap dan minat peserta didik, (2)penerapan keterampilan 5M, (3) pengelolaan waktu, (4) LKPD, dan (5) perencanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Olivia Florentina Br Tarigan
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:35
Last Modified: 20 Oct 2022 01:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13336

Actions (login required)

View Item View Item