PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH BAKERY DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL SENI KULINER UNDIKSHA

Megawati, Ni Komang (2022) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH BAKERY DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL SENI KULINER UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051006-COVER.pdf

Download (777kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051006-ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051006-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman dan minat belajar mahasiswa terhadap proses pembelajaran pada mata kuliah Bakery dikarenakan kurangnya sumber belajar yang bersifat interaktif, inovasi dan keterbaharuan pada konten pembelajaran yang diterapkan pada proses pembelajaran berlangsung, sehingga diperlukannya pengembangan konten pembelajaran interaktif khususnya pada mata kuliah Bakery. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konten pembelajaran interaktif berbasis Adobe Captivate yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research dan Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil kevalidan yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan uji ahli isi serta uji ahli media dan desain yang memperoleh nilai rata – rata sebesar 1,00 yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Valid”. Hasil dari uji efektivitas pada penelitian ini dilakukan menggunakan rumus N-Gain yang memperoleh nilai efektivitas sebesar 0,75 yang dapat dikategorikan “Efektif”. Berdasarkan dari uji respons peserta didik memperoleh nilai rata – rata sebesar 66 yang dapat dikategorikan “Sangat Positif” dan dari hasil respons pendidik memperoleh nilai rata-rata sebesar 47 yang dapat dikategorikan “Sangat Positif” sehingga konten pembelajaran interaktif ini layak untuk digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Pembelajaran Interaktif, Adobe Captivate, Bakery
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ni Komang Megawati
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:08
Last Modified: 20 Oct 2022 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13353

Actions (login required)

View Item View Item