Kurniawan, Gede Reza (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071041-COVER.pdf Download (379kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071041-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071041-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Flipped Classroom (PBFC) dan model Direct Instruction (DI). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 365 siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja dengan sampel penelitian berjumlah 64 siswa dan terdistribusi ke dalam dua kelas. Data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh melalui tes keterampilan berpikir kritis dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan ANAKOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukan adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelompok yang belajar dengan model PBFC dan model DI (F* = 62,570), p < 0,05. Hasil tes keterampilan berpikir kritis setelah perlakuan (post-test) menunjukan kelompok model PBFC lebih unggul dibandingkan kelompok model DI. Ditunjukan dari rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelompok model PBFC berada pada kategori baik (M = 73,33; SD = 5,09) sedangkan kelompok model DI berada pada kategori cukup (M = 62,00; SD = 4,61)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran Problem Based Flipped Classroom (PBFC), model Direct Instruction (DI) |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | GEDE REZA KURNIAWAN |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 03:27 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 03:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13393 |
Actions (login required)
View Item |