PENGEMBANGAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA DI SMA NEGERI 1 TEGALDLIMO

Sari, Indah Ayu Novita (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA DI SMA NEGERI 1 TEGALDLIMO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1814021018-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1814021018-ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814021018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814021018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1814021018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814021018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1814021018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814021018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1814021018-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Tegaldlimo yang berjumlah 36 siswa. Dari penelitian ini, diperoleh sebuah produk media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Articulate Storyline, hasil yang diperoleh dari validitas ahli isi dan ahli media mendapat rata-rata sebesar 1,00 “sangat tinggi”, dari uji coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar masing-masing mendapat nilai rata-rata 83%, 85% dan 83% dengan kriteria “Baik”. Selain itu, hasil dari respon guru mendapatkan rata-rata sebesar 50 dengan kriteria “sangat praktis” dan peserta didik mendapatkan rata-rata sebesar 60,19 dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini sudah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Discovery learning, Pembelajaran Interaktif, ADDIE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Pembelajaran Interaktif, ADDIE
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Indah Ayu Novita Sari
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:31
Last Modified: 20 Oct 2022 03:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13417

Actions (login required)

View Item View Item