PENGEMBANGAN MEDIA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH SISWA KELAS III SD

Handayani, Ni Luh Puspa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH SISWA KELAS III SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031074-COVER.pdf

Download (296kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031074-ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031074-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031074-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031074-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui validitas media Dakota untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan cacah pada siswa kelas III. (2) mengetahui efektifitas media Dakota untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan cacah pada siswa kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode observasi, wawancara, kuisioner, dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitiannya, yaitu (1) Media Dakota yang dikembangkan memiliki validitas dengan: hasil penilaian kedua ahli materi dari media Dakota diperoleh kualifikasi sangat baik (97%). Dari penilaian kedua ahli desain pembelajaran dari media Dakota diperoleh kualifikasi sangat baik (93%). (2) Berdasarkan penilaian kedua ahli media pembelajaran dari media Dakota diperoleh kualifikasi saangat baik (90%). Dari penilaian uji coba perorangan dari media Dakota, diperoleh kualifikasi sangat baik (98,6%). Berdasarkan penilaian uji coba kelompok kecil dari media Dakota (dakon matematika), diperoleh kualifikasi sangat baik (97,5%). Dari penilaian uji coba lapangan dari media Dakota (dakon matematika), diperoleh kualifikasi sangat baik (97%). Hal tersebut menjunjukkan bahwa media Dakota memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Dakota, Validitas, Efektivitas, Model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Puspa Handayani
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:47
Last Modified: 20 Oct 2022 07:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13427

Actions (login required)

View Item View Item