Novitayanti, Komang (2022) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011048-COVER.pdf Download (249kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011048-ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011048-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011048-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011048-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui serta melihat pengaruh model flipped classroom berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Susut semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang terdistribusi ke dalam empat kelas dengan banyak siswa adalah 117 orang. Pemilihan sampel dilakukan melalui teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol. Kesetaraan dari kedua kelas tersebut diketahui berdasarkan nilai Penilaian Akhir Tahun (PAT) matematika. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah skor kemampuan berpikir kritis matematika yang diketahui berdasarkan hasil tes uraian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa rerata skor post-test di kelas eksperimen sebesar 77,73 dan kelas kontrol sebesar 68,80. Rerata skor post-test kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil yang didapat dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5% memperoleh hasil . Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan mengenai kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas eksperimen dan kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model flipped classroom berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | flipped classroom berbasis proyek, kemampuan berpikir kritis matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Komang Novitayanti |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 01:44 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 01:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13446 |
Actions (login required)
View Item |