Ningrum, Sheila Julia (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP TOLERANSI PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Undiksha.
Text (COVER)
1611061008-COVER.pdf Download (480kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061008-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061008-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penilaian sikap toleransi masih dimasukkan dalam penilaian sikap sosial secara umum. Indikator penilaian sikap toleransi yang digunakan terbatas pada menghormati perbedaan keyakinan dan menghargai teman. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian sikap toleransi pada anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Pengembangan dilakukan terhadap instrumen sikap toleransi pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yaitu model RDR (Research, Development, Research) yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Model RDR merupakan salah satu model pengembangan yang sangat sederhana yang terdiri atas 3 tahapan yaitu research (studi pendahuluan), development (pengembangan), dan research (validitas dan reliabilitas). Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development) dikarenakan waktu penelitian yang terbatas. Subjek penelitian berkaitan dengan tempat di mana data tersebut didapatkan. Subjek dalam penelitian ini adalah instrumen sikap toleransi pada anak usia dini di TK Kecamatan Buleleng yang terdiri atas kisi-kisi dan lembar kuesioner. Dari 11 butir pernyataan yang dikembangkan mendapatkan pernyataan valid dari semua validator, dan semua butirnya dinyatakan valid karena memenuhi kriteria rtabel<rhitung, sehingga dapat disimpulkan bahwa semua butir dalam instrumen sikap toleransi dinyatakan valid. Kemudian, berdasarkan hasil uji reliabilitas yang dilakukan Berdasarkan hasil perhitungan di atas diperoleh nilai r_11 sebesar 0,827. Nilai r_11 sebesar 0,827 berada pada kriteria reliabilitas sangat tinggi (sangat baik) karena berada pada koefisien reliabilitas 0,80 < r11 ≤ 1,00. Dapat disimpulkan bahwa instrumen sikap toleransi dalam penelitian ini dapat dinyatakan valid dan reliabel serta dapat digunakan dalam kegiatan observasi serta penilaian sikap toleransi untuk anak usia dini. Kata-kata Kunci : Instrumen, Sikap, Toleransi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata Kunci : Instrumen, Sikap, Toleransi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Sheila Julia Ningrum |
Date Deposited: | 23 Oct 2022 23:19 |
Last Modified: | 23 Oct 2022 23:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13451 |
Actions (login required)
View Item |