PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LUMUT DAN PAKU SMA NEGERI 2 BANJAR

Utami, Gusti Ayu Nila (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LUMUT DAN PAKU SMA NEGERI 2 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041001-COVER.pdf

Download (433kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041001-ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041001-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LUMUT DAN PAKU SMA NEGERI 2 BANJAR Oleh Gusti Ayu Nila Utami 1613041001 Jurusan Biologi Perikanan dan Kelautan, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan ILmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, validitas dari Pengembangan LKPD berbasis pendektan kontekstual pada materi lumut dan paku dan kepraktisan dalam penerapan di SMA Negeri 2 Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Pada penelitian melibatkan satu kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Banjar dengan jumlah 34 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validitas, angket respon peserta didik, serta lembar kepraktisan. Teknik analisi data dilakukan dengan menganalis secara deskriftif. Rancang bangun dari LKPD ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, and evaluation). Berdasarkan hasil analisi data validasi dari kedua ahli, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Kontekstual telah masuk dalam kategori valid digunakan dengan persentase rerata 80,6% dan 83,7 % dari ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil didapat persentase rerata sebesar 91,6% dan 86,1% dengan kategori sangat valid pada masing-masing uji coba. Serta mendapatkan rerata persentase sebesar 89,7% dengan kategori sangat praktis pada uji keparktisan. Berdasarkan hasil analisis data dapay disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan kontestual dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat diimplementasikan pada r\proses pembelajaran. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Kontekstual, Lumut dan Paku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Kontekstual, Lumut dan Paku
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Biologi (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Nila Utami
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:13
Last Modified: 21 Oct 2022 02:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13497

Actions (login required)

View Item View Item