Anggraeni, Tiara (2022) Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 1 Parung Panjang Bogor Jawa Barat. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041025-COVER.pdf.pdf Download (635kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041025-ABSTRAK.pdf.pdf Download (25kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041025-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTKA)
1813041025-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (239kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041025-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapan model pembelajaran Blended learning terhadap hasil belajar biologi siswa. Lokasi penelitian ini tepatnya berada di Desa Jagabaya kecamatan Parung Panjang Kabupaten Bogor jawa barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi Experimental), menggunakan desain Pretest-Posttest Non Equivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa XI IPA di SMA negeri 1 Parung panjang. Teknik pemilihan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan dua sample kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas yang diterapkan dengan model pembelajaran konvensional secara daring, dan XI IPA 3 sebagai kelas yang diterapkan model pembelajaran Blended Learning. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas, dan ujihipotesis menggunakan Paired Sample T-testpada taraf siginikansi 0,05%. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata nilai post test pada kelas Blended learning sebesar 71,65 sedangkan rata-rata nilai post test pada kelas konvensional sebesar 45, 54 hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata nilai post test pada kelas Blended learning lebih besar dibandingkan dengan kelas konvensional. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa 0,13 > 0,05 sehingga menerima hipotesis tersebut. Adanya perbedaan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Blended learning ini berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada saat pandemi covid-19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Blended Learning, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Biologi (S1) |
Depositing User: | Tiara Anggraeni |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 07:36 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 07:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13514 |
Actions (login required)
View Item |