Pengembangan Modul Digital Berorientasi MBMbKGOP dalam Pembelajaran Pecahan di Kelas IV untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik

Diantari, Ni Putu Novi (2022) Pengembangan Modul Digital Berorientasi MBMbKGOP dalam Pembelajaran Pecahan di Kelas IV untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011030-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011030-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011030-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan yaitu memperoleh modul digital berorientasi MPMbKGOP dalam pembelajaran pecahan di kelas IV dengan karakteristik yang dapat meningkatkan karakter peserta didik serta memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan. Dalam proses pengembangannya, menerapkan model 4D. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan lembar observasi. Karakteristik modul digital berorientasi MPMbKGOP yaitu terdapat petunjuk peserta didik, petunjuk orang tua, materi nilai-nilai karakter, terdapat latihan soal yang interaktif, pembelajaran mengenai pecahan melalui geogebra serta kuis melalui website google form. Peneliti melakukan uji coba terbatas kepada 15 peserta didik kelas IV di SD N 1 Baktiseraga guna mengetahui kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan dari modul digital yang dikembangkan. Modul digital yang telah dikembangkan dapat digunakan secara online melalui link dan secara offline menggunakan aplikasi flip pdf professional dan e-book. Data kevalidan peneliti diperoleh dari angket penilaian oleh ahli media pembelajaran serta ahli materi. Data kepraktisan peneliti diperoleh dari angket respon peserta didik dan angket respon pendidik. Data keefektivan peneliti diperoleh dari hasil observasi karakter peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan modul digital yang dikembangkan. Hasil rata-rata uji coba modul digital yang dikembangkan diperoleh tingkat kevalidan yaitu sebesar 4,20 dengan kategori sangat valid, tingkat kepraktisan yaitu 88.45% dengan kriteria sangat praktis, dan tingkat keefektivan memperoleh sebelum tindakan didapatkan 45.00% dengan kriteria mulai berkembang dan setelah tindakan didapatkan sebesar 90.00% dengan kriteria membudaya. Dengan menggunakan gain score diperoleh karakter peserta didik mengalami peningkatan sebesar 1,53 dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan modul digital yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektiv.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul Digital berorientasi MPMbKGOP, Pecahan, Karakter Peserta Didik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Putu Novi Diantari
Date Deposited: 21 Oct 2022 06:48
Last Modified: 21 Oct 2022 06:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13518

Actions (login required)

View Item View Item