PENGARUH PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK PADA PESERTA DIDIK KELAS I DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 BANJAR JAWA (TEMA 3 : KEGIATANKU SUBTEMA 2 : KEGIATAN SIANG HARI)

Raditya, I Made Oges (2022) PENGARUH PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK PADA PESERTA DIDIK KELAS I DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 BANJAR JAWA (TEMA 3 : KEGIATANKU SUBTEMA 2 : KEGIATAN SIANG HARI). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1816011098-COVER.pdf

Download (360kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1816011098-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011098-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011098-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011098-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011098-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011098-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011098-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1816011098-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu acuan berhasil atau tidaknya dari proses pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk pengetahui pengaruh penerapan modul pembelajaran berbasis permainan terhadap hasil belajar PJOK. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 3 Banjar Jawa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDN 3 Banjar Jawa kelas 1 yang terbagi dalam tiga kelas yaitu kelas 1A, 1B, dan 1C. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik dari kelas 1C yang berjumlah 37 orang. Alasan menggunakan sampel dari kelas 1C adalah dikarenakan jumlah anak laki-laki dan perempuan hampir sama rata dan juga keterbatasan waktu sehingga peneliti hanya memilih satu dari tiga kelas 1 yang ada di SDN Negeri 3 Banjar Jawa. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan nilai signifikasi yaitu 0,000 < 0,05 pada kelompok data pengetahuan dan keterampilan. Maka dapat ditarik kesimpulan jika terdapat pengaruh modul pembelajaran berbasis permainan terhadap hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Negeri 3 Banjar Jawa. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan modul pembelajaran berbasis permainan karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PJOK pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Permainan, PJOK, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Made Oges Raditya
Date Deposited: 21 Oct 2022 09:03
Last Modified: 21 Oct 2022 09:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13547

Actions (login required)

View Item View Item