INTERAKSI SOSIAL GURU DAN SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SLB NEGERI 2 BULELENG, BALI.

Utama, I Komang Riski Dharma (2022) INTERAKSI SOSIAL GURU DAN SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SLB NEGERI 2 BULELENG, BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1614091006-COVER.pdf.pdf

Download (931kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1614091006-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1614091006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1614091006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1614091006-BAB 3 METEDOLOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1614091006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1614091006-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1614091006-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (421kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1614091006-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengelolaan pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 di SLB Negeri 2 Buleleng, Bali, (2) Mengetahui problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 di SLB Negeri 2 Buleleng, Bali, (3) Mengetahui upaya SLB Negeri 2 Buleleng dalam meningkatkan pola interaksi sosial guru dan siswa selama masa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi dokumen, observasi dan wawancara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran pada jenjang SMALB yang berjumlah 3 (tiga) orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses belajar mengajar tidak dilakukan secara tatap muka langsung, dikenal dengan pembelajaran jarak jauh secara daring melalui aplikasi online untuk penugasan seperti whatsapp (WA); selain itu, tugas dapat diambil langsung ke sekolah oleh orang tua/wali setiap minggunya bagi siswa yang mengalami kendala mengikuti pembelajaran daring, (2) Di awal diberlakukannya pembelajaran daring tentu terdapat beberapa masalah selama proses penyesuaian seperti ketiadaan sarana penunjang mulai gadget, sinyal hingga kuota internet yang terbatas, kurangnya fokus siswa selama pembelajaran dan terbatasnya pendampingan orang tua, (3) Upaya yang dilakukan guna meningkatkan interaksi sosial yang terjadi antara guru-siswa yaitu dengan tetap menjaga komunikasi antara guru, orang tua dan siswa dengan selalu memberikan bimbingan guna memotivasi dan menjaga antusiasme siswa selama proses belajar, disamping pemilihan sumber dan media belajar yang tepat dan menyenangkan; bagi siswa yang mengalami kendala mengikuti pembelajaran daring, dilakukan upaya home visit oleh wali kelas agar anak tetap mendapat hak yang sama. Kata kunci: COVID -19 , Pembelajara n Daring , Intera ksi Guru Dan Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Pembelajaran Daring, Interaksi Guru Dan Siswa.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: I Komang Riski Dharma Utama
Date Deposited: 27 Oct 2022 01:12
Last Modified: 27 Oct 2022 01:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13592

Actions (login required)

View Item View Item