Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Berbasis Masalah pada Materi Elektrolit dan Nonelektrolit untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Semari, A.A. Istri Pradnyawati (2022) Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Berbasis Masalah pada Materi Elektrolit dan Nonelektrolit untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813031014-COVER.pdf

Download (685kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813031014-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813031014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813031014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813031014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
1813031014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813031014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813031014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813031014-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kevalidan dari segi isi dan konstruksi, kepraktisan, dan keefektifan unit kegiatan berbasis masalah pada materi elektrolit dan nonelektrolit. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi 4 tahapan. Tapahan yang dilakukan, yaitu 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, dan 4) uji coba terbatas. Karakteristik dari unit kegiatan belajar berbasis masalah menggunakan pendekatan saintifik dan kegiatan praktikum. Kelayakan unit kegiatan belajar berbasis masalah pada materi elektrolit dan nonelektrolit ditunjukan dari hasil validasi, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil uji validitas menunjukan kevalidan unit kegiatan belajar yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata sebesar 1,0 dengan kategori validasi sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan memperoleh skor rata-rata 3,54 dengan kriteria sangat praktir. Uji Keefektifitas dilaksanakan di kelas X.7 SMA N 2 Amlapura. Hasil uji keefektifan dilihat dari persentase siswa yang mecapai KKM yaitu sebesar 86,5% yang memenuhi kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: elektrolit dan nonelektrolit, pembelajaran berbasis masalah, dan unit kegiatan belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: A. A. Istri Pradnyawati Semari
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:57
Last Modified: 28 Oct 2022 03:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13621

Actions (login required)

View Item View Item