Suriantara, I Gede (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA MONOPOLI PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN KELAS V DI SD NEGERI 2 BANYUATIS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031287-COVER.pdf Download (672kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031287-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031287-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (115kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031287-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031287-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031287-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031287-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031287-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031287-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran sederhana monopoli pada subtema organ gerak hewan kelas V bertujuan untuk 1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran sederhana monopoli pada subtema organ gerak hewan, 2) mengetahui validitas media pembelajaran sederhana monopoli pada subtema organ gerak hewan kelas V, 3) mendeskripsikan respon guru terhadap media pembelajaran sederhana monopoli pada subtema organ gerak hewan kelas V, 4) mendeskripsikan respon siswa terhadap media pemnbelajaran sederhana monopoli subtema organ gerak hewan kelas V. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, subjek penelitian yaitu validitas media pembelajaran sederhana monopoli yang diuji oleh ahli, serta uji praktisi untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap media yang dikembangkan, data yang dikumpulkan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif, analisis data menggunakan analisis tematik dan analisis deskriptif kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen, ratting scale, kuesioner. Hasil penelitian ini yaitu: (1) rancang bangun media monopoli dicetak menggunakan kertas banner dengan ukuran 4 meter x 4 meter dan semua komponen media monopoli dimasukkan kedalam Styrofoam box berukuran 50 cm x 35 cm x 34 cm. (2) hasil analisis uji validitas dari ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran memperoleh skor tertinggi sebesar 1 dengan kategori sangat valid dan skor terendah sebesar 0,75 dengan kategori valid. (3) hasil respon praktisi (guru), media monopoli memperoleh persentase 92% dengan kualifikasi sangat baik. (4) hasil respon siswa, media monopoli memperoleh persentase 96% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sederhana monopoli subtema organ gerak hewan kelas V SD sudah valid dan berkualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Validitas, media monopoli, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Suriantara |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 05:53 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 05:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13627 |
Actions (login required)
View Item |